Pertemuan 2
PERTEMUAN 2
MENANAM POHON
Daftar kelompok yang hadir saat pertemuan ke 2:
NAMA
|
NIM
|
NO ABSEN
|
KELAS
|
Adzra Alifia
|
2001615155
|
46
|
LC41
|
Gabriella Karen
|
2001603672
|
20
|
|
Sita Anastasia
|
2001590335
|
14
|
|
Sekar Vanesa
|
2001597575
|
15
|
|
Tesha Mantika
|
2001586413
|
12
|
Pada hari Selasa, 28 Maret 2017, kami kelompok 7 pergi ke
RPTRA yang berlokasi di kedoya utara untuk melakukan penanaman pohon, saat
pertemuan pertama kemarin kami telah sepakat dengan pengurus RPTRA disana bahwa
kami akan menanam 12 pohon kelor, pohon kelor yang kami tanam pohon yang sudah
di stek. Dan begitu pula disana ada anak-anak yang asyik bermain walau tidak
banyak yang ada di RPTRA (mungkin karena kami datang saat jam-jam pagi ke
siang) kami sampai ke RPTRA kurang lebih jam 10:00 pagi, dan selesai jam 12:00
siang. Berikut ini foto-foto saat kami menanam dan bersosialisasi dengan
anak-anak di RPTRA:
berikut ini dalah lahan yang akan kami tanamkan dengan pohon-pohon kelor kami yang berjumlah 12 batang.
dan inilah 12 pohon kelor kami yang sudah di stek, siap kami tanamkan pada lahan tersebut.
tidak hanya itu, kami pun harus menyangkul lahan tersebut menggunakan cangkul, dan ada beberapa pohon kecil disana dedaunan yang kami copotkan untuk memberi lahan pohon kelor kami, dan kami tanam kembali ketempat lain, karena pohon kelor harus ditanam ditempat yang sejuk.
setelah kami selesai tanam, kami langsung menyiram pohon tersebut dengan air.
selain itu, setelah kami menanam, kami juga bermain-main dengan anak-anak yang berada di RPTRA, anak-anak disana ramah-ramah dan merasa gembira dengan kedatangan kami semua.
Dan berikut videonya:
FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT
Dalam melakukan kegiatan pertemuan 2 ini, terdapat faktor penunjang dan penghambat
Faktor penunjang:
- anak-anak mulai mampu bersosialisasi dengan kami
- perlengkapan kami untuk menanamjuga ada, terdapar cangkul, gayung dan ember, untuk kami menanam pohon
- anak-anak disekitar melihat cara kami menanam dan membuat mereka menjadi tahu bagaimana cara menanam
- mendapat respon positif dari warga
Faktor penghambat:
- ada sebagian anak-anak yang masih malu-malu dalam bersosialisasi
- kami rada kesulitan dalam menanam, karena hampir perempuan semua dalam kelompok in
HASIL ATAU TUJUAN YANG DICAPAI
Berikut ini adalah hasil dan tujuan yang dapat kami capai dalam melakukan kegiatan pertemuan ke 2:
- dapat tahu bagaimana cara menanam pohon dengan benar
- mendapat ilmu bagaimana cara menanam pohon,
- dapat bersosialisasi dengan lwarga lingkungan setempat
RESPON
Dalam menjalankan kegiatan ke 2 ini, kami mendapat respon positif dari warga dan warga juga melihat bagaimana cara kamii menanam pohon, dan respon positif dari pengurus RPTRA ini karena kami telah melakukan kegiatan penanaman pohon.
REFLESI INDIVIDU
Berikut ini adalah reflesi individu yang kami dapatkan setelah melakukan kegiatan pertemuan ke 2:
- Adzra: pada pertemuan kedua, kami mulai menanam pohon di RPTRA. pohon yang kami tanam adalah pohon kelor. pohon kelor mempunya khasiat yang banyak. pada hari itu saya bisa belajar bagaimana cara menanam pohon kelor dengan baik dan benar. kerja kelompok yang kompak membantu proses penanam menjadi lebih cepat. kami juga membagi ilmu tentang pohon kelor kepada anak-anak yang datang pada hari tersebut.
- Gabriela: Pertemuan kedua kami awali dengan penanaman pohon berjenis kelor di pinggiran halaman RPTRA. Saya baru menyadari bahwa ternyata kelor memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan beberapa penyakit, terutama penyakit diabetes. Hal ini tentu berguna bagi pihak RPTRA, karena selain membuat lingkungan lebih asri dan hijau, tanaman tersebut dapat dimanfaatkan warga sekitar untuk menjadi obat penyakit yang gratis dan alami.
- Sita: pada pertemuan kedua, kelompok kami memutuskan untuk menanam tanaman kelor , dimana pada pertemuan ini juga saya mengerti dan memiliki pengetahuan lebih lanjut dari pohon kelor serta manfaat-manfaatnya.
- Sekar: Pada pertemuan ini, saya jadi lebih mengetahui tentang pohon kelor dari bentuknya dan manfaatnya. saya juga mendapatkan pengalaman baru yaitu bagaimana cara menanam pohon kelor, bekerja sama dengan anggota kelompok lain serta berkesempatan untuk memberikan edukasi tentang pohon kelor kepada anak-anak yang sedang berpartisipasi.
- Tesha: Pada pertemuan ke 2 ini, saya lebih tau bagaimana cara menanam pohon dan juga berososialisasi dengan lingkungan dan warga-warga setempat yang belum pernah saya kunjungin, dan saya bahagia dapat respon positif dari mereka semua.










Komentar
Posting Komentar