Pertemuan 4
PERTEMUAN 4
MENYIRAM POHON DAN BERSOSIALISASI 2
Daftar kelompok yang hadir saat pertemuan ke 4:
|
NAMA
|
NIM
|
NO ABSEN
|
KELAS
|
|
Adzra Alifia
|
2001615155
|
46
|
LC41
|
|
Gabriella Karen
|
2001603672
|
20
|
|
|
Sita Anastasia
|
2001590335
|
14
|
|
|
Sekar Vanesa
|
2001597575
|
15
|
|
|
Tesha Mantika
|
2001586413
|
12
|
Pada hari jumat tangga 12 Mei 2017, kami kelompok 7 dari CB: Kewarganegaraan, berkunjung ketempat RPTRA Kedoya Utara untuk melakukan penyiraman pohon kelor yang kami telah tanam pada minggu-minggu lalu, kami berkunjung ke RPTRA Kedoya Utara pada pukul 03:00 sore, kami lakukan ini setelah kami menjalankan UTS, dan baiknya pohon kelor yang kami telah tanam telah tumbuh walaupun tidak terlalu tinggi, tetapi udah ada daun-daun yan tumbuh pada batangnya, karena yang kita ketahui tanaman pohon kelor butuh waktu yang lama untuk tumbuh. kami menyiram dengan anak-anak setempat yang membantu kami untuk menyiram tanaman, dan jjuga bersosialisasi dengan anak-anak setempat. Berikut adalah foto-foto hasil kami menyiram dan bersosialisasi:
Disini kami menyiram tanaman yang telah kami tanam, dan bisa dilihat tanamannya sudah berdaun lebih banyak dari yang sebelumnya.
dan salah satu anak dari warga sekitar ini membantu kami dalam menyiram pohon tersebut.
disini kami bersosialisasi bersama anak-anak setempat dan kami juga bermain bersama mereka, dan di RPTRA juga ada pelatihan nari yang biasanya diajarkan oleh mentor-mentor setempat.
dan disini kami bersosialisai, bermain tebak-tebakan dan bercerita tentang hal-hal yang menarik seperti film, kartun, dan sebagainya.
FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT:
Dalam melakukan kegiatan pertemuan 4 ini, terdapat faktor penunjang dan penghambatadalah sebagai berikut:
Faktor penunjang:
- Anak-anak lebih dapat bersosialisasi dengan kami, apalagi yang sudah mengenal kami dari awal lebih ingin mendekatkan diri
- Anak-anak berpartisipasi dalam menyiram tanaman
- Kami mendapat ember dan gayung untuk menyiram
- Adanya perpustakaan untuk kami lebih mengajarkan anak-anak atau berbicara pada mereka
- Adanya tempat bermain untuk kami bermain dengan anak-anak tersebut.
Faktor Penghambat:
- Tidak semua anak-anak bermain dengan kami
- Sebagian anak kecil malu untukk bersosialisasi dengan orang-orang baru
- Dan para anak remaja kurang respon dalam kedatangan kita,
HASIL ATAU TUJUAN YANG DICAPAI
Berikut ini adalah hasil dan tujuan yang dapat kami capai dalam melakukan kegiatan pertemuan ke 4:
- Kami dapat bersosialisasi dengan warga sekitar lebih baik
- Kami dapat pengetahuan lebih baru tentang adanya RPTRA ini
- Kami yang sebelumnya tidak berani atau kurang berososialisasi dengan anak-anak atau lingkungan setempat membuat kami lebih menjadi sociable.
RESPON
Dalam menjalankan kegiatan pertemuan ke 4 ini, kami lebih dapat respon lebih baik dari anak-anak maupun warga-warga sekitar, dan baiknya kami mendapat respon positif oleh lingkungan sekitar, karena maksud dan tujuan kami yang ingin bersosialisasi dengan mereka dapat mereka dapat dengan baik, anak-anak juga merasa sangan senang akan kedatangan kami, mungkin mereka ingin lebih mengetahui sesuatu tentang hal yang belum mereka ketahaui dari kami dengan bermain-main dengan kami, atau menanyakan sesuatu hal.
REFLESI INDIVIDU
Berikut ini adalah reflesi individu yang kami dapatkan setelah melakukan kegiatan pertemuan ke 4:
- Adzra: Pada pertemuan keempat kami menyiram pohon dan juga bermain. pada hari tersebut kami lebih banyak bersosialisasi dengan anak sekitar, dan belajar di perpustakaan. kami bisa berbagi ilmu kepada anak-anak kecil RPTRA, bermain games, dan juga bercerita.
- Gabriela: Pada pertemuan ini, kami menjadi lebih mengenal dekat kepada anak-anak disana. Mereka sangat antusias dan mau membantu kami saat kami mau menyiram pohon dan merawat pohon. Tentu, saya senang akan hal ini karena mereka menjadi lebih peduli dan memiliki keinginan dalam menjaga lingkungan mereka tetap bersih. Selain itu, kami juga diajak dalam banyak permainan di perpustakaannya. Walaupun ada salah satu temannya yang kalah, mereka tetap menyemangati dan selalu membantu satu dengan yang lain. Saya bangga dengan sifat mereka yang selalu sportif.
- Sita: Pada pertemuan ke 4 , saya sudah mengenal anak2 cukup baik dan mengajaknya untuk merawat tanaman disekitar rptra, dimulai dari menyiram tanaman , dimana saat itu saya mulai mengerti dan menghargai arti kehidupan , dimulai dari kehidupan tanaman2 hasil reboisasi pusat rptra
- Sekar: Pada pertemuan ke 4 ini, saya menjadi lebih dekat dengan anak-anak. Mereka menunjukan antusias untuk melakukan penyiraman tanaman pohon kelor. Ini menunjukan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekaligus menjadi refleksi diri saya, bahwa anak kecil saja sudah bisa menjaga lingkungannya. Saya pun sebagai orang yang terbilang cukup dewasa pun harus memberikan contoh yang baik dengan cara selalu peduli terhadap lingkungan. Saya juga melihat kepedulian mereka terhadap sesama. Ini adalah pelajaran yang bisa saya dapatkan.
- Tesha: Pada pertemuan ke 4 ini, saya bisa lebih mengenal anak-anak dan lebih bersabar dalam menangani mereka terutama anak-anak yang jahil, dan saya lebih bisa mengenal mereka lebih dalam, karena di pertemuan ini saya leboh merasa dekat dengan anak-anak karena mungkin ini ke 4 kalinya kami mengunjungi mereka dan mereka lebih mengenal kita semua, dan dipertemuan ini kami lebih banyak berososialisasi dan bercerita-cerita dengan mereka.
Dan berikut video kami dalam pertemuan ke 4 ini:







Komentar
Posting Komentar