Pertemuan 5
PERTEMUAN 5
MENYIRAM POHON DAN MEMBERIKAN BINGKISAN
Daftar kelompok yang hadir saat pertemuan ke 5:
NAMA
|
NIM
|
NO ABSEN
|
KELAS
|
Adzra Alifia
|
2001615155
|
46
|
LC41
|
Gabriella Karen
|
2001603672
|
20
|
|
Sita Anastasia
|
2001590335
|
14
|
|
Sekar Vanesa
|
2001597575
|
15
|
|
Tesha Mantika
|
2001586413
|
12
|
Pada pertemuan ke 5 ini yang sekaligus pertemuan terakhir kita yang dilakukan pada tanggal 15 mei 2017, kami berangkat ke RPTRA untuk melakukan kegiatan pengecekan pohon kami dan memberikan tanda terima kasih kami dari kelompok 7 kepada anak-anak di RPTRA berupa bingkisan. kami memulai kegiatan dari pukul 15.00 - 17.00 WIB.
Pada pukul 15.00 kami datang dan langsung meminta izin kepada pengelola RPTRA setempat untuk melakukan pengecek-an dan penyiraman tanaman pohon kelor. Pengelola tersebut lalu memberikan kami ember dan gayung untuk mendukung kegiatan kami.
gambar diatas adalah kegiatan pengecekan tanaman pohon kelor lain yang sudah tumbuh.
Pada gambar diatas, kami memulai kegiatan penyiraman tanaman pohon kelor. anak-anak kecil lainnya juga berantusias langsung menghampiri kami dan membantu kami untuk menyiram.
Pada pukul 16.00- 16.30 kami bermain dan berosialisasi dengan anak-anak maupun ibu-ibu setempat yang sedang berada di halaman RPTRA.
gambar diatas adalah gambar ketika kami sedang bermain di halaman RPTRA bersama anak-anak.
Pada pukul 16.30-17.00, kami bermain bersama anak-anak di perpustakaan, kami memberikan game dan bingkisan kepada mereka dan membersihkan ruangan ketika sudah selesai memberikan bingkisan. hal ini kami lakukan untuk menjaga ruangan agar tetap bersih.
gambar-gambar diatas adalah kondisi dimana kami sedang bermain games bersama anak-anak di perpustakaan dan memberikan bingkisan kepada mereka. di foto ini mereka terlihat antusias dan senang.
Gambar diatas ada foto saat kami melakukan penyerahan bingkisan kepada pengelola RPTRA dan memberikan bingkisan yang tersisa untuk di bagikan kepada anak-anak di kemudian hari.
FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT
Dalam melakukan kegiatan ini, terdapat faktor penunjang dan penghambat.
Faktor Penunjang:
- Pengelola RPTRA setempat memberikan fasilitas seperti ember dan gayung untuk melakukan penyiraman
- terdapat fasilitas lainnya yang dapat kita gunakan seperti perpustakaan dan halaman bermain untuk kita melakukan kegiatan bersosialisasi
Faktor Penghambat:
- terdapat anak-anak yang tidak mau berpartisipasi dan sulit diatur
- menyesuaikan jadwal kami dan jadwal anak-anak yang bermain di RPTRA tersebut
HASIL ATAU TUJUAN YANG DICAPAI
Berikut ini adalah hasil atau tujuan yang dicapai selama kita melakukan kegiatan pertemuan 5:
- penanaman kami sudah tumbuh daun
- anak-anak cukup koperatif walaupun ada sebagian yang kurang.
- dapat bermain dan bersosialisasi
- dapat memberikan bingkisan kepada anak-anak sebagai tanda terimakasih sudah berpartisipasi
RESPON
Respon dari pengelola RPTRA setempat dan ibu-ibu yang sedang menemani anaknya bermain baik kepada kami senang ketika kami datang karena selain bisa memberikan edukasi tentang penanaman pohon kelor juga bisa bermain bersama anak-anak. Respon dari anak-anak sendiri, mereka antusias dan senang ketika melakukan penyiraman pohon serta bermain bersama kami.
REFLESI INDIVIDU
berikut ini adalah reflesi individu yang kami dapat setelah melekakuan kegiatan pertemuan 5:
- Adzra: Pertemuan kelima adalah perpisahan. kami membagikan makanan ringan untuk anak-anak yang datang ke RPTRA. pada hari tersebut saya menjadi lebih sabar dalam menghadapi anak-anak kecil yang sulit diatur.
- Gabriella: Selain memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan pohon kelor yang kami tanam, kami lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak-anak karena hari itu merupakan pertemuan terakhir. Saya senang mereka bahagia atas kehadiran kami disana menemani mereka bermain. Saya sangat berterima kasih kepada pihak RPTRA yang sudah mengizinkan kami melakukan kegiatan sosial disana. Walaupun menguras tenaga bermain dengan anak-anak di RPTRA, saya senang bisa mendapatkan banyak pengalaman menyenangkan bersama.
- Sita: saya mengajak anak-anak bermain ke perpustakaan dan disitulah wawasan ilmu pengetahuan saya lebih terbuka , dimana kami saling berbagi cerita dan memainkan permainan-permainan tradisional, hal ini juga mengajarkan saya untuk tetap mewariskan budaya-budaya di Indonesia dan menyebar ilmu pengetahuan kepada anak-anak sekitar , setelah itu kelompok saya berbagi makanan ringan untuk anak-anak yang berkumpul , dimana pada saat itu saya belajar untuk sabar dan berbagi.
- Sekar: pada pertemuan terakhir ini saya banyak belajar bagaimana cara menghadapi anak-anak dan sabar. kami saling berbagi cerita dan saya lebih peka terhadap nilai berbagi antar sesama, karena pada pertemuan ini kami memberikan bingkisan sebagai tanda terima kasih kami kepada mereka. mereka menyambut hangat dan memeluk kami sebagai tanda terima kasih mereka kepada kami.
- Tesha: Pada pertemuan ke 5 ini, saya bisa lebih mengenal mereka, bercerita cerita dan dipertemuann ini kami juga membagikan beberapa makanan kecil untuk mereka, dengan cara mereka yang senang sekali, membuat saya senang dan juga kekompakan mereka dan solidnya mereka dengan teman-temannya yang lain, membuat saya mengerti arti kebersamaan dan saya bisa menjadi orang yang berososialisasi, dan saya mendapat pengalaman yang banyak.
berikut ini adalah video saat kami melakukan pertemuan ke 5:














Komentar
Posting Komentar