Pertemuan 3

PERTEMUAN 3 
MENYIRAM POHON dan BERSOSIALISASI

Daftar kelompok yang hadir saat pertemuan ke 3:


NAMA
NIM
NO ABSEN
KELAS
Adzra Alifia
2001615155
46
LC41
Gabriella Karen
2001603672
20
Sita Anastasia
2001590335
14
Sekar Vanesa
2001597575
15
Tesha Mantika
2001586413
12

Pada pertemuan ketiga yaitu Senin, 3 April 2017, acara kami adalah melanjutkan kegiatan kami yang sebelumnya sudah menanam pohon, yaitu menyiram tanaman serta bersosialisasi dengan anak-anak RPTRA di Kedoya. kami datang pukul 16.00 - 18.00 WIB.

Pada pukul 16.00-16.30 WIB, kami sampai dan meminta izin kepada pengelola RPTRA, lalu kami segera memeriksa dan melakukan penyiraman pada tanaman yang telah kami tanam.


Gambar diatas adalah kondisi pohon yang telah kami tanam pada pertemuan kedua. 







Gambar-gambar diatas adalah keadaan dimana kami sedang menyiram pohon kelor yang telah di tanam. Kami juga melakukan sosialisasi tentang tanaman pohon kelor dan mengajak anak-anak di RPTRA untuk menyiram tanaman bersama-sama.

Pada pukul 16.30-17.15 WIB kami melakukan kegiatan bermain dengan anak-anak RPTRA dan berpartisipasi dalam kegiatan menari yang dilakukan sebagian anak RPTRA, khususnya anak perempuan.







Gambar diatas adalah kondisi dimana kami bermain di taman area RPTRA, seperti bermain jungkat-jungkit, ayunan dan lain-lain.


Di foto ini kami sedang menari tarian daerah seperti tarian jawa, betawi dan padang.
Kami berfoto dengan pelatih Tari Tradisional di RPTRA 

pada pukul 17.15- 18.00 WIB kami melakukan foto-foto selfie bersama anak-anak, saling bercerita dan membanntu membersihkan RPTRA setempat.

kami mengakhiri kegiatan kami dengan berfoto selfie bersama sebagian anak-anak di RPTRA. Pertemuan kali ini memberikan kami pengalaman baru tentang banyak hal, khususnya bagaimana menari tradisional.

Berikut video singkat kami saat melakukan pertemuan 3:


FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT
Dalam melakukan kegiatan pertemuan 3 ini, terdapat faktor penunjang dan penghambat
Faktor penunjang:
  • Pengelola memberikan fasilitas ember dan payung untuk kita menyiram tanaman pohon kelor
  • Anak-anak yang berpartisipasi dalam menyiram tanaman
  • kegiatan menari yang sedang dilakukan anak-anak RPTRA 
  • Taman bermain anak-anak sehingga kita dapat bermain bersama mereka 
Faktor penghambat:
  • Anak-anak yang cukup sulit untuk diatur
HASIL ATAU TUJUAN YANG DICAPAI 
Berikut ini adalah hasil dan tujuan yang dapat kami capai dalam melakukan kegiatan pertemuan ke 3:
  • Menyiram tanaman dan mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam menyiram tanaman pohon kelor
  • Berosialisasi dengan cara bermain bersama anak-anak di taman bermain 
  • Mengikuti kegiatan menari tradisional bersama anak-anak di RPTRA
RESPON
Dalam menjalankan kegiatan pertemuan ke 3 ini, kami mendapat respon baik yang diberikan oleh pengelola RPTRA, anak-anak setempat dan pelatih menari di RPTRA tersebut. Pelatih menari di RPTRA membolehkan kami untuk belajar menari tradisional bersama anak-anak. Anak-anak pun terlihat antusias dan senang ketika kami ikut berpartisipasi dalam kegiatan menari mereka. mereka juga senang ketika di libatkan dalam kegiatan penyiraman tanaman pohon kelor.
REFLESI INDIVIDU
Berikut ini adalah reflesi individu yang kami dapatkan setelah melakukan kegiatan pertemuan ke 3:
  • Adzra:  kami menyiram pohon dan dibantu oleh anak-anak RPTRA. setelah menyiram pohon kami bermain bersama anak-anak kecil dan mengikuti kegiatan menari tradisional di RPTRA. dengan kegiatan ini kami bisa bersosialisasi dengan baik dan bisa berbagi pengalaman kepada sesama.
  • Gabriella: Saya bangga karena anak-anak mulai menunjukan semangat antusias dalam melakukan perawatan dan penyiraman pada pertemuan ini. Saya juga belajar beberapa tarian daerah Jawa bersama mereka karena adanya guru tari dari sanggar tari pariwisita Jakarta. Selain itu, anak-anak perempuan di RPTRA sangat terbuka sehingga kami banyak sekali berbagi cerita tentang kehidupan, sekolah, dan hal-hal lainnya.Walaupun mereka masih belia, banyak sekali pengalaman kehidupan mereka yang bisa menjadi sebuah pelajaran bagi saya. 
  • Sita: pada pertemuan ini, kami mulai mencoba untuk menyiram tanaman yang sebelumnya sudah kami tanam, dimana anak-anak warga sekitar ikut membantu untuk menyiram. Pada kondisi ini pun membuat saya sekaligus ikut bersosialisasi dan mengenal anak-anak yang sering berkumpul di RPTRA lebih baik.
  • Sekar: Di pertemuan ke 3 ini, saya lebih mulai dekat dengan anak-anak. Bagaimana cara melakukan pendekatan dengan mereka yang baik. Saya saling berbagi cerita kehidupan pada sebagian anak-anak di RPTRA tersebut. Dengan mendengar mereka saya mendapatkan pengalaman-pengalaman yang baru dan membuka sudut pandang saya bahwa pengalaman yang menarik bukan hanya didapat dari orang dewasa saja, tetapi dari anak-anak saya juga bisa mendapat pelajaran kehidupan. Kegiatan menari yang di lakukan bersama anak-anak juga memberikan pengetahuan kepada saya bagaiman cara menari tarian tradisional.
  • Tesha: Pada pertemuan ke 3 ini, saya dapat  lebih bersosialisasi dengan anak-anak sekitar yang lebih baik, saya juga dapat mengenal lebih jauh anak-anak dan juga saya dapat berososialisasi dengan lingkungan yang belum pernah saya kunjungi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertemuan 4

Pertemuan 5

Notulen Diskusi Laporan Final Project